Jumat, 01 Januari 2016

Pesan dari film Ip Man 3

Alhamdulillah, masih dapat menyaksikan film ini di XXI Pluit Janction Jakarta .

Filmnya tidak hanya berfokus pada adegan pertarungan, namun lebih banyak mengandung muatan sosial dan sisi humanis sang guru Wing Chun. Secara garis besar, fokus ceritanya akan membahas dua sisi dari seorang Yip Man, sebagai seorang pahlawan dan juga sebagai seorang kepala keluarga. 

Pada sekuel terbarunya, Yip Man (Donnie Yen) akan bertarung melawan sekelompok gangster yang diperintah oleh pengusaha properti jahat dan juga merupakan seorang petinju tangguh bernama Frank (Mike Tyson). Frank berkeinginan untuk mengambil alih secara paksa sebuah bangunan sekolah yang ada di lingkungan sekitar guru Yip.

Nothing is more important than being around your loved ones. – Yip Man

Alur cerita menjadi lebih rumit ketika istri dari guru Yip divonis mengidap kanker stadium lanjut. Penonton akan diajak untuk melihat sisi lain dari seorang guru Yip yang belajar menari hanya untuk menyenangkan hati istrinya. Guru Yip juga rela meninggalkan latihan kungfu-nya demi mendampingi sang istri selama masa pengobatan.

Selain sebagai suami, guru Yip juga merupakan seorang ayah. Tentunya, guru Yip harus menjadi sosok figur teladan bagi anaknya. Dalam film ini, guru Yip telah mengubah perilakunya menjadi lebih baik dengan berhenti merokok. Dalam salah satu adegan, guru Yip mengurungkan niatnya untuk merokok ketika sedang menjaga keamanan di sebuah sekolah, karena terdapat anak-anak disana. Selain itu, guru Yip juga tidak pernah terlihat merokok di depan keluarganya.

Selain menyuguhkan dilema seorang ahli Wing Chun, IP Man 3 juga menyelipkan beberapa hal yang mungkin tidak kamu sadari ketika menonton film tersebut.

IP Man 3
Sumber foto: aceshowbiz.com

1. Kekuatan media yang besar
Ada dua adegan di film IP Man 3 yang menggambarkan kekuatan sebuah media. Adegan pertama, ketika Fatso (Kent Cheng), perwakilan kepolisian Hong Kong, menggunakan kekuatan media untuk meliput penculikan anak-anak oleh gangster yang mengancam keamanan kota. Alhasil, liputan media tersebut mampu ‘memaksa’ bos dari Fatso untuk menghentikan kegiatan operasional dari gangster tersebut. Padahal sebelumnya, bos dari Fatso bersekongkol untuk melindungi operasi kejahatan tersebut.

Adegan kedua, ketika Cheung Tin-chi (Max Zhang) yang merupakan penarik becak sekaligus ahli bela diri Wing Chun selalu membawa media setiap kali dirinya menantang duel para ahli bela diri di China. Sehingga, dalam sekejap, reputasi Cheung Tin-chi diakui sebagai seorang ahli bela diri Wing Chun.



Sumber foto: twitchfilm.com
Sumber foto: twitchfilm.com

2. Penghormatan ilmu bela diri Timur dan Barat
Ada yang menarik dari duel antara guru Yip dan Frank. Pada pertarungan tersebut, Frank memberikan syarat apabila guru Yip mampu bertahan selama tiga menit dalam sebuah duel, maka Frank tidak akan mengganggu kehidupan guru Yip lagi. Uniknya, duel tersebut berakhir seri. Saya menginterpretasikan momen ini sebagai bentuk penghormatan kepada aliran ilmu bela diri Timur dan Barat. Selain itu, hasil akhir dari duel tersebut juga untuk menjaga nama baik guru Yip dan Mike Tyson selaku mantan petinju dunia.

Durasi tiga menit juga merupakan penghormatan kepada Mike Tyson karena pada masa keemasannya, Mike Tyson terkenal  mampu membuat KO lawannya hanya dalam satu ronde tinju. Dimana setiap ronde tinju berdurasi selama tiga menit.


Sumber foto: drafthouse.com
Sumber foto: drafthouse.com

3. Baju putih IP Man di pertarungan terakhir
Pada pertarungan terakhir melawan Cheung Tin-chi, ada penampakan yang berbeda dari baju yang dikenakan oleh guru Yip. Sepanjang film, guru Yip konsisten menggunakan baju hitam. Namun, pada adegan pertarungan terakhir, guru Yip tiba-tiba menggunakan warna putih. Teman saya menyadari bagian ini sebagai sebuah makna tersirat untuk menunjukkan mana yang benar dan mana yang salah. Pada adegan ini, secara tersirat guru Yip diibaratkan sebagai tokoh protagonis memakai baju putih dan Cheung Tin-chi diibaratkan sebagai tokoh antagonis memakai baju hitam.

dikutip dari : https://michaelbliss92.wordpress.com/2015/12/28/3-hal-yang-mungkin-kamu-lewatkan-dari-film-ip-man-3/